Inilah 5 Destinasi Tempat Wisata di Indramayu Paling Populer dan Menarik : Indramayu Kota Wisata

By : Sigit Hermawan    No comments

Logo Kabupaten Indramayu
Indramayu Kota Wisata - Indramayu atau Dermayu yang merupakan sebuah Ibukota pusat pemerintahan wilayah kabupaten di provinsi jawa barat itu menyimpan keragaman yang menarik, Indramayu tak kalah populer dan menarik dari kota-kota lain di Indonesia dari sisi kekayaan alam, sejarah, wisata, kuliner, kebudayaan, kesenian, dan tradisi masyarakat indramayu, semua ini mempunyai potensi destinasi tempat wisata untuk warga indonesia umumnya dan kota indramayu pada khususnya, Kabupaten Indramayu ini berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang di sebelah Selatan, Kabupaten Cirebon di sebelah tenggara, serta Kabupaten Subang di sebelah barat tanah pasundan. Meskipun kota mangga ini adalah tanah pasundan yang memiliki budaya dan bahasa sunda, akan tetapi sebagian besar dari penduduk Indramayu berbahasa dermayon, yakni bahasa yang dialektikanya mirip dengan dialek bahasa cirebon namun bahasa dermayon, adalah bahasa jawa khas Indramayu.

Kali ini aku tidak ingin membahas tentang Sejarah dan proses berdirinya Kota Indramayu yang sudah disahkan pada sidang Pleno DPRD Kabupaten Daerah tingkat II Indramayu pada tanggal 24 Juni 1977 dan ditetapkan di dalam Peraturan Daerah Kabupaten Daerah tingkat II Indramayu Nomor 02 Tahun 1977 tentang Penetapan Hari Jadi Indramayu, namun kali ini Aku ingin membahas Objek Wisata Indramayu yang menarik dan layak Kalian kunjungi seperti tempat wisata terindah di Kota Mangga Indramayu dibawah ini :

Obyek Destinasi Wisata Terkenal dan menarik di Kabupaten Indramayu


Obyek obyek Wisata Terkenal dan menarik di Kabupaten Indramayu terdiri dari wisata alam, wisata agro, wisata ziarah, wisata rohani dan wisata kuliner. seperti termaktub dalam website resmi Pemerintah Kabupaten Indramayu yang beralamat www.indramayukab.go.id

Inilah Destinasi Tempat Wisata di Indramayu Paling Populer dan Menarik Dikunjungi

1. Wisata Alam Kota Indramayu

Pulau

  • Pulau Biawak

Pulau Biawak ini sebagai titik destinasi objek wisata bahari dengan taman laut dan ikan hias yang indah serta terumbu karang yang amat asri.
Pasir putih , tanaman bakau Pulau Biawak ini sebagai titik destinasi objek wisata bahari dengan taman laut dan ikan hias yang indah serta terumbu karang yang amat asri. mangrove yang cukup lengkap jenis-jenisnya, koloni biawak dan sebuah menara mercusuar yang di didirikan oleh ZN. Willem pada tahun 1872 mempunyai daya tarik hyistoris terutama bagi wisatawan atau pelancong yang tertarik dengan bangunan - bangunan kuno.

Aktivitas rekreasi yang bisa dan asik di lakukan di Pulau Biawak ini adalah selam, mancing, snorkeling (selam permukaan) dan wisata petualangan. Pulau biawak yang mempunyai luas 120 hektar ini terletak 40 km sebelah utara Kota Indramayu yang dapat di jangkau oleh perahu nelayan.

Pantai

Di Indramayu ada beberapa pantai yang dapat di jadikan sebagai tempat rekreasi pantai di Indramayu antara lain Pantai Tirtamaya, Pantai Glayem di Kecamatan Junti nyuat: Pantai Balongan Indah di Wilayah Kecamatan Balongan: dan Pantai Eretan di wilayah Kecamatan Kandanghaur . Pantai - pantai tersebut memiliki daya tarik tersendiri selain sebagai objek destinasi wisata bahari, pantainya yang indah juga tempat merapatnya perahu-perahu nelayan.

  • Pantai Glayem
Pantai Glayem
  • Pantai Balongan

Pantai Balongan
  • Pantai Eretan

Pantai Eretan, mempunyai sejarah tersendiri di Indramayu karena Pantai Eretan ini pada tahun 1942 merupakan tempat mendaratnya tentara-tentara jepang.

Pantai Eretan
  • Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya
Pantai Tirtamaya adalah salah satu Objek yang populer banyak di kunjungi oleh para wisata, selain sebagian tempat pemandian yang aman juga mempunyai panorama yang indah terutama ketika terbit dan terbenamnya matahari pantai ini terletak di Juntinyuat.

Situ

  • Situ Bojong Sari

Situ Bojong Sari
Merupakan lokasi wisata yang terletak di pusat kota Indramayu yang mempunyai luas 6,5 ha. Situ ini memiliki luas permukaan air ± 6ha yang di lengkapi dengan fasilitas wisata air seperti water boom, perahu wisata, sepeda air, dan olah raga dayung. situ bojong sari ini juga cocok untuk aktivitas memancing dan juga berkemah.

  • Situ Bolang

Situ Bolang
Terletak di desa Jatisura Kecamatan cikedung kurang lebih terletak 20 Kilo meter dari kota Indramayu dan Situ bolang, Desa Jatisura ini merupakan salah satu wisata alternatif dengan suasana yang nyaman dan tenang juga di dukung nuansa alam pedesaan dan dengan panorama areal pesawahan dan areal pepohonan, memiliki luas 74 hektar

  • Situ Brahim

Situ ini terletak di sebuah desa yakni desa babadan Kecamatan sindang.

  •  Waduk Cipancuh

Waduk Cipancuh
Waduk Cipancuh adalah Sebuah Waduk yang terletak di desa cipancuh di Kecamatan haurgelis.

  •  Koloni Kera Banjar

Objek wisata Koloni Kera Banjar
Koloni Kera Banjar
Objek wisata Koloni Kera Banjar ini terletak di desa bulak Kecamatan jatibarang sekitar 17 km dari kota Indramayu dan objek wisata ini banyak di kunjungi pelancong / wisatawan, karena keunikannya yaitu di di desa bulak ini terdapat koloni kera yang sejak jaman dahulu hingga saat ini berjumlah 41 ekor.

2. Wisata Agro Kota Indramayu

  • Wisata Agro Hutan Kayu Putih

Hutan Kayu Putih
Sebagai daerah yang banyak hutan kayu putih di Kabupaten Indramayu mempunyai obyek Wisata Agro yang amat sangat menarik yang terletak di Kecamatan Cikedung, di mana dapat di lihat mulai dari proses -proses seperti penanaman, pemeliharaan sampai produksi kayu putih berupa minyak kayu putih. Wisata-wista agro lainnya di Desa Cemara Kecamatan Losarang dan Desa Cangkring.

3. Wisata Ziarah

  • Situs Makam Raden Arya Wiralodra

Raden Arya Wiralodra adalah seseorang yang merupakan pendiri dari kota Indramayu. Makam wiralodra ini terletak di Desa Sindang ( lapangan krapyak ) Kecamatan sindang sekitar 500 meter dari sebelah barat Pendopo Kabupaten Indramayu.

Makam Raden Arya Wiralodra
  • Situs Makam Pangeran Selawe

Makam Pangeran Selawe
Situs Makam Pangeran Selawe ini terletak di Desa Dermayu Kecamatan Sindang sekitar 1 km dari pusat kota Indramayu. Di makam selawe tersebut terdapat makam Pangeran Guru dari Palembang, salah satu orang penantang Nyi Endang Darma juga 24 makam muridnya.

  • Situs Makam Buyut Tambi

Makam Buyut Tambi

Situs Makam Buyut Tambi ini terletak di Desa Tambi Kecamatan Sliyeg. sekitar 20 km dari kota Indramayu.

4. Wisata Rohani

  • Wisata Rohani Ma’had Al Zaetun

Ma’had Al Zaetun
Adalah sebuah Pesantren Modern terbesar dan termegah di Asia Tenggara dengan luas keseluruhan komplek Pesantren tersebut sekitar 1.200 ha, terletak di Desa Mekar Jaya Kecamatan Gantar Kabupaten Indrarmayu, Pondok Pesantren Terpadu tersebut menjadi pusat pendidikan dan pengembangan budaya perdamaian dengan berbagai kelengkapan fasilitasnya merupakan tonggak sejarah yang mengimplementasikan suatu kenyataan pembangunan berwawasan lingkungan.

5. Wisata Kota

  • Alun-alun
Alun alun Kota Indramayu
Merupakan Pusat Kota atau biasa disebut Alun-alun, sekaligus sebagai pusat penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan pada sore hari kawasan ini menjadi ramai..

  • Tugu Kijang atau Bunderan Kijang

 Tugu Kijang / Bunderan Kijang Kota Indramayu
Berdiri tegak di persimpangan jalan masuk kota Indramayu dari arah Cirebon, merupakan gambaran sejarah dari Kijang emas yang menuntun Raden Aria Wiralodra dan menunjukkan arah letak lembah Cimanuk yang menjadi cikal bakal Kabupaten Indramayu.

  • Tugu Mangga

Tugu Mangga Bunderan Simpang Lima Kota Indramayu
Terletak di 5 persimpangan jalan masuk ke kota Indramayu dari arah Jakarta. Tugu ini menggambarkan bahwa Kota Indramayu sebagai penghasil mangga yang menjadi trade mark Kabupaten Indramayu.

  • Masjid Agung

Masjid Agung Indramayu
Merupakan karya arsitek beretnis China, yang dimana Masjid Agung ini terletak di pusat Kota berdampingan dengan Pusat Pemerintahan / Pendopo Indramayu

  • Kilang Minyak Balongan

Merupakan sumber minyak dan gas yang terletak + 6 KM dari pusat kota Indramayu, yang dikelola oleh Pertamina UP VI. Sebagai tempat proses pengolahan minyak mentah menjadi bensin, solar, minyak tanah dan lainnya adalah merupakan daya tarik untuk melakukan wisata Iptek (Ilmu Pengetahuan & Teknologi) ke Indramayu. Keberadaan potensi minyak dan gas di Indramayu telah diprediksi oleh Raden Aria Wiralodra yang ditulis dalam Bahasa Sangsekerta dan kini tertuang dalam Prasasti Aria Wiralodra.

Wisata IPTEK Kilang Minyak Balongan

Sarana lain yang turut menunjang kepariwisataan adalah adanya hotel, dan jumlah hotel samapai ahir tahun 2011 tercatat 25 hotel dengan jumlah kamar sebanyak 465 kamar dengan jumlah tenaga kerja di bidang perhotelan tercatat 341 orang.

Dengan potensi-potensi kekayaan alam Kota Indramayu tersebut sangatlah layak jika Kota Mangga ini salah satu tempat populer di Jawa Barat untuk menarik dan berharap menambah Devisa Negara Indonesia, meningkatan sektor ekonomi penduduk setempat, dan meningkat citra pariwisata Indonesia dimata Internasional untuk Mengunjungi Indramayu Kota Wisata.

Sigit Hermawan Author: Sigit Hermawan

Hello,Saya Sigit Hermawan, tinggal di Jakarta, Saya suka menulis dan mereview, Belajar dalami ilmu Search Engine Optimization (SEO),Saya juga sering berpartisipasi dalam Kontes SEO, Lomba,dan kegiatan blogging lainnya...

Previous
Next Post »

E-mail Newsletter

Sign up now to receive breaking news and to hear what's new with us.

Recent Articles

© 2016 - 2017 Traffic Seo . Created By BloggerTheme9 Thanks To : - and Powered by Blogger.